Style 3B: Komprehensif (Offline)

Langkah-langkah dalam siklus ini adalah:
  • Bila Anda memproduksi sendiri, masukkan informasi Bahan Baku ke profil data. Lihat Buat Bahan Baku Baru.
  • Masukkan informasi Produk ke profil data. Lihat Buat Produk Baru.
  • Masukkan informasi Pelanggan ke profil data - lihat Buat Pelanggan Baru, atau Meja (bagi bisnis F&B) – lihat Buat Meja Baru.
  • Masukkan informasi Pemasok ke profil data. Lihat Buat Pemasok Baru.
  • Bila diperlukan, masukkan informasi Cabang ke profil data. Lihat Buat Cabang Baru.
  • Masukkan informasi Kas, Bank, dan e-Wallet ke profil data. Lihat Buat Kas dan Bank/eWallet Baru.
  • Isi Kas atau Bank Anda sebagai setoran modal awal, yang dapat digunakan untuk pembelian Bahan Baku. Lihat Setoran Modal Tunai.
  • Bila Anda memproduksi sendiri, catat proses produksi Anda melalui modul Persediaan. Lihat Proses Produksi. Bila tidak, lihat Perolehan Persediaan Barang Jadi.
  • Bila Produk Anda perlu dipersiapkan, buatlah Pesanan baru pada saat Anda mendapatkan pesanan dari Pelanggan. Lihat Buat Pesanan Baru. Sebagai alternatif, Anda dapat mencatat pesanan langsung pada modul POS (Lihat Tambah Baru dari Modul POS) atau menu Tambah Langsung pada modul Penjualan (lihat Buat Penjualan Baru), dan sistem akan membuatkan lembar Pesanan otomatis apabila Persediaan Barang Jadi Produk tidak mencukupi. Namun, bila Produk dapat langsung diserahkan ke Pelanggan, Anda langsung lompat ke Langkah 14.
  • Anda dapat mencetak lembar Pesanan untuk bagian dapur (bagi bisnis F&B). Lihat Cetak Pesanan
  • Gunakan Rekap Pesanan sebagai pedoman Anda untuk mempersiapkan Produk yang akan diserahkan. Lihat Rekap Pesanan.
  • Setelah Produk diserahkan ke Pelanggan, tandai Pesanan-pesanan selesai. Lihat Menandai Pesanan Selesai.
  • Tagih Pesanan-pesanan tersebut. Lihat Tagih Pesanan.
  • Isi laman Penjualan baru sesuai kebutuhan. Lihat Buat Penjualan Baru. Setelah ini, proses pencatatan Penjualan selesai.
  • Anda dapat memonitor dan mengelola Piutang dari Pelanggan. Lihat Mengelola Piutang.
  • Anda dapat memonitor dan mengelola Utang kepada Pemasok. Lihat Mengelola Utang.
  • Anda dapat mengelola dan merekonsiliasi saldo dan mutasi Kas dan Bank/eWallet. Lihat Mengelola Kas dan Bank/eWallet.
  • Apabila ada transaksi yang tidak termasuk modul-modul yang telah dibahas, Anda dapat menggunakan Jurnal manual untuk mencatat transaksi tersebut di dalam buku besar sistem. Lihat Membuat Jurnal Manual.
  • Tampilkan Laporan Laba Rugi dan Neraca untuk periode yang diinginkan. Lihat Menampilkan Laporan Akuntansi.
  • Anda dapat melihat laporan penjualan per Cabang per pembayaran atau staf penjual untuk periode yang dikehendaki. Lihat Menampilkan Laporan Penjualan.
  • Anda dapat menganalisa peringkat atau perkembangan penjualan per Produk atau Pelanggan. Lihat Analisa Bisnis.
  • Anda dapat menampilkan peringatan atas Pesanan yang melewati tenggat atau Persediaan di bawah level aman (lihat Buat Produk Baru dan Buat Bahan Baku Baru untuk menetapkan tingkat persediaan aman), bila ada, pada Beranda. Lihat Personalisasi Indikator pada Beranda.

Scroll to Top