SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN

Syarat dan ketentuan penggunaan ini (“Syarat dan Ketentuan”) mengatur hubungan antara pengguna dan pelanggan (“Pengguna”) dan PT Mitra Pintar Teknologi (“raPin”), yang secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak”. Syarat dan Ketentuan berisikan syarat dan ketentuan penggunaan seluruh fasilitas, produk, layanan, dan teknologi (secara bersama-sama disebut sebagai “Platform”) yang dituangkan dalam bentuk Kontrak Elektronik. Syarat dan Ketentuan ini mengikat dan mulai berlaku untuk Pengguna saat Pengguna mulai mengakses Platform raPin, yang meliputi namun tidak terbatas pada Aplikasi dan Situs raPin.

Platform raPin dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan internal raPin ataupun reaksi atas faktor-faktor eksternal lainnya. raPin akan secara berkala meninjau relevansi atas Syarat dan Ketentuan yang berlaku, dan memiliki hak penuh untuk mengubah Syarat dan Ketentuan kapan saja. Perubahan atas Syarat dan Ketentuan akan mulai berlaku pada saat Syarat dan Ketentuan yang baru kami unggah ke Situs, atau raPin umumkan kepada Pengguna, yang mana yang terdahulu. Pada setiap perubahan Syarat dan Ketentuan, raPin akan mencantumkan tanggal perubahan tersebut mulai diberlakukan. Dengan terus menggunakan Platform setelah tanggal pemberlakuan tersebut, Pengguna dianggap setuju terhadap perubahan atas Syarat dan Ketentuan tersebut.

Harap tinjau Syarat dan Ketentuan ini secara seksama. Dengan mendaftarkan diri dan mengakses Platform raPin, Pengguna menyatakan bahwa Pengguna sudah membaca, memahami, mengerti, menyetujui dan menyatakan bersedia terikat terhadap Syarat dan Ketentuan. Jika orang yang mendaftarkan diri dan/atau mengakses Platform raPin mewakili pelanggan akhir (“Wakil”), maka Wakil diwajibkan memiliki wewenang dan kuasa penuh untuk bertindak atas pelanggan akhir untuk mengakses Platform raPin, dan dengan demikian apa yang dilakukan Wakil untuk Pengguna dianggap sama dengan apa yang dilakukan oleh Pengguna. Pengakuan dan persetujuan Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan ini juga berkaitan dengan ketentuan-ketentuan yang tercantum berdasarkan Kebijakan Privasi yang dianggap sebagai satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan.

DEFINISI
1. Akun adalah media pengorganisasian data Pengguna yang diterapkan oleh raPin. Setiap Akun dialokasikan kepada satu Pengguna, dan hanya dapat diakses dengan memberikan Sandi yang sebelumnya telah ditentukan Pengguna tersebut. Pengguna akan mengakses layanan Platform melalui Akun Pengguna.
2. Situs adalah situs raPin di domain www.rapin.co.id atau rapin.co.id;
3. Aplikasi adalah aplikasi ERP raPin yang tersedia untuk diunduh dari Google Play Store, Apple App Store, atau media lainnya sebagaimana yang tercantum pada Situs.
4. Biaya Berlangganan adalah biaya-biaya yang dibayarkan Pengguna kepada raPin untuk mengakses dan menggunakan Platform raPin.
5. Fitur Tambahan adalah fungsi atau tertentu di dalam Platform yang dapat ditambah secara ala carte oleh Pengguna, dengan tarif tertentu.
6. Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak yang didapatkan dari hasil olah pikir manusia untuk dapat menghasilkan suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat. HAKI juga meliputi hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual.
7. Informasi Rahasia adalah data dan/atau informasi milik salah satu Pihak yang diberikan kepada Pihak lainnya, sehubungan dengan Platform raPin. Data dan/atau informasi tersebut dapat memberikan kesempatan atau manfaat bisnis kepada pihak lain, yang dapat atau tidak disertai oleh kerugian kepentingan Pihak yang memberikan.
8. Kebijakan Privasi adalah kebijakan mengenai tata cara raPin mengumpulkan, mengolah, menggunakan, berbagi atau mengungkapkan, dan menyimpan data dan/atau informasi Pengguna.
9. Kontrak Elektronik adalah perjanjian Para Pihak yang dibuat melalui sistem elektronik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
10. Laporan Keuangan adalah laporan-laporan yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip dasar akuntansi, yang dapat terdiri dari Laporan Laba Rugi, Laporan Neraca, dan Laporan Arus Kas.
11. Mitra Pihak Ketiga adalah pihak ketiga yang memiliki kerja sama dengan raPin dalam konteks operasional Platform, baik secara permanen ataupun temporer.
12. OTP (One Time Password) adalah sandi yang hanya dapat digunakan satu kali, yang akan dikirimkan oleh server raPin melalui berbagai media untuk keperluan verifikasi. Sandi ini memiliki daluwarsa waktu, sebagaimana akan diinformasikan bersamaan dengan pengiriman OTP.
13. POS (Point of Sales) adalah suatu sistem proses transaksi jual beli ritel secara cepat dan sistematis.
14. Sandi adalah rangkaian karakter-karakter yang bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh Pengguna. Pengguna perlu memasukkan Sandi yang tepat untuk dapat mengakses Platform atau bagian tertentu dari Platform.
15. Paket Berlangganan adalah kumpulan fitur-fitur dengan kuota tertentu yang dapat dipilih Pengguna untuk menggunakan Platform. Setiap paket berbayar memiliki tarif yang berbeda sesuai dengan kapasitas fitur dan kuota paket tersebut.
16. Perselisihan adalah setiap perselisihan, sengketa atau perbedaan pendapat yang timbul sehubungan dengan penggunaan Platform.
17. PIN (Personal Identification Number) adalah rangkaian angka-angka yang bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh Pengguna. Pengguna perlu memasukkan PIN yang tepat untuk dapat mengakses Platform atau bagian tertentu dari Platform.

LAYANAN
Aplikasi raPin merupakan piranti lunak (software) ERP (Enterprise Resources Planning) yang berbasiskan teknologi awan (cloud) yang dapat dipergunakan oleh perusahaan maupun perorangan. Aplikasi raPin memberikan layanan pencatatan dan pengolahan data terintegrasi yang dimulai dari, namun tidak terbatas pada pesanan jual, POS, penagihan, penghitungan biaya pokok, persediaan, piutang, utang, kas dan bank/eWallet, hingga jurnal, dan penyusunan Laporan Keuangan dan analisa bisnis.

PENGGUNAAN PLATFORM
1. Pengguna dapat mendaftar Akun dengan menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan dan mengisi formulir pada Aplikasi raPin, termasuk nomor WhatsApp, yang diperlukan sebagai media komunikasi, yang meliputi namun tidak terbatas kepada pemulihan Sandi, pemberitahuan penting dan/atau berkala dari raPin. raPin akan memverifikasi nomor WhatsApp yang didaftarkan, sebagai salah satu syarat pendaftaran Akun.
2. Penggunaan Platform
2.1. Dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan, raPin dengan ini memberikan Pengguna hak dan lisensi yang bersifat terbatas, dapat ditarik kembali, tidak eksklusif, tidak dapat disublisensikan dan tidak dapat dialihkan untuk mengunduh dan menggunakan Platform.
2.2. Akun Pengguna hanya dapat digunakan oleh Pengguna itu sendiri secara pribadi, dan Pengguna bertanggung jawab penuh atas Penggunaan Akun tersebut. Pengguna dilarang menyatakan diri sebagai pihak lain. Dengan mendaftarkan diri pada Platform, Pengguna telah terikat pada Syarat dan Ketentuan, dan menyatakan kesanggupan untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan.
2.3. Pengguna setuju untuk menggunakan Platform dengan cara yang wajar. Apabila raPin menganggap bahwa Pengguna menggunakan Platform secara tidak wajar atau dapat menyebabkan turunnya kinerja Platform bagi Pengguna lainnya, maka raPin dapat mengenakan pembatasan terhadap penggunaan Pengguna atas Platform. Dalam hal pembatasan tersebut, raPin dapat dengan atau tanpa memberikan peringatan sebelumnya kepada Pengguna. Apabila memungkinkan, raPin akan memberikan peringatan 24 (empat puluh) jam sebelumnya dan meminta Pengguna untuk menghentikan cara penggunaan tidak wajar sebelum pembatasan dimulai.
2.4. Pengguna dilarang untuk:
2.4.1. menggunakan Platform dengan cara yang melanggar hukum, atau untuk tujuan yang melanggar hukum;
2.4.2. melanggar hak kekayaan intelektual raPin atau pihak ketiga sehubungan dengan penggunaan Platform;
2.4.3. mencoba melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani, atau melemahkan sistem atau keamanan Aplikasi raPin, mengakses atau mengambil data dari sistem raPin selain dari data yang disediakan Aplikasi raPin dalam keadaan wajar kepada Pengguna yang sah, menguraikan enkripsi transmisi dari dan/atau ke server raPin;
2.4.4. mencoba menyalin, mengubah, meniru, membongkar, membuat turunan dari, melakukan reverse engineer, mendekompilasi, atau secara lain berupaya untuk mengambil kode sumber (source code) Platform atau bagian manapun daripadanya, ataupun membiarkan pihak lain untuk melakukan hal-hal tersebut;
2.4.5. mencoba menggunakan bots atau metode otomatis lainnya termasuk, namun tidak terbatas pada web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm untuk melakukan akses ke Platform untuk tujuan apapun, termasuk namun tidak terbatas pada tujuan untuk membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Platform;
2.4.6. mencoba untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining) dengan metode apapun, baik otomatis maupun manual, atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Platform;
3. Biaya Berlangganan
raPin akan membebankan Biaya Berlangganan atas Paket Berlangganan dan/atau Fitur Tambahan untuk akses penggunaan Platform, apabila Pengguna memilih paket berbayar. Tagihan atas biaya tersebut adalah diperuntukan layanan periode yang akan datang. Harga Biaya Berlangganan Paket Berlangganan dan Fitur Tambahan tertera pada Situs, dan dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
Pengguna wajib melunasi tagihan tersebut sebelum tenggat waktu yang akan dinyatakan beserta tagihan yang dikirimkan ke Pelanggan. Apabila tenggat waktu tidak disebutkan, maka tenggat waktu adalah sesaat sebelum periode baru akan dimulai.
Semua pembayaran atau deposit yang telah dibayarkan oleh Pengguna tidak dapat dikembalikan, meskipun Pengguna tidak lagi menikmati Platform sebelum masa aktif periode berlanggan berakhir.
4. Tayangan Iklan
Pengguna yang menggunakan Paket Berlangganan GRATIS tidak akan ditagih Biaya Berlangganan. Namun, Aplikasi raPin dapat secara berkala menayangkan iklan dari sponsor-sponsor raPin.
5. Akses Akun
Pengguna Paket berbayar yang telah melunasi kewajiban tagihannya atau Pengguna Paket GRATIS akan memiliki akses atas Akun Aplikasi raPin milik Pengguna serta bertanggung jawab atas segala aktivitas yang terjadi melalui Akun tersebut.
Pengguna bertanggung jawab atas kendali dan akses ke Platform, dan tidak mengungkapkan Sandi, OTP dan PIN kepada siapapun.
Pihak raPin tidak pernah meminta Sandi, OTP dan PIN Pengguna. Pengguna diwajibkan untuk tidak memberitahukan informasi tersebut kepada siapapun yang mengaku berasal dari raPin, dan melaporkan usaha tersebut kepada raPin, melalui email [email protected].

6. Dukungan Platform
raPin memberikan layanan dukungan kepada Pengguna untuk hal-hal yang berkaitan dengan Platform. Aspirasi Pengguna berupa bantuan, pertanyaan, klarifikasi, masukan dan saran dapat disalurkan dengan mengirimkan email ke [email protected].
Tim raPin akan sesegera mungkin menjawab email Anda pada jam dan hari kerja, yaitu hari Senin – Jumat pukul 9:00 hingga 17:00.

KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB PENGGUNA
1. Penggunaan Platform
1.1. Pengguna bertanggung jawab penuh atas keputusan Pengguna untuk menggunakan atau mengakses Platform. Pengguna bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim yang timbul dari penggunaan Platform, baik oleh Pengguna atau pihak ketiga lainnya yang Pengguna otorisasi untuk menggunakan Platform, dengan cara yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan/atau aktivitas lain yang merugikan publik dan/atau pihak lain manapun, atau yang dapat atau dianggap dapat merusak reputasi raPin.
1.2. Pengguna harus memastikan hanya menggunakan Platform secara benar dan sah, sesuai Syarat dan Ketentuan. Pengguna menjamin dan memastikan bahwa Pengguna hanya akan mengakses dan menggunakan Platform sesuai dengan fungsi dan peruntukkan Platform. Pengguna tidak akan menggunakan dan/atau memanfaatkan Platform untuk tujuan yang melawan norma, etika serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.
1.3. Pengguna wajib menjaga dan merahasiakan Sandi, OTP dan PIN dan tidak memberitahukan kepada siapapun, termasuk siapapun yang mengaku mengatasnamakan raPin. Apabila Pengguna mendelegasikan akses Platform kepada Wakil, maka segala perbuatan dan aktivitas dari Wakil akan menjadi tanggung jawab penuh Pengguna.
Pengguna setuju untuk menanggung setiap resiko, kerugian atau akibat yang diderita yang disebabkan oleh Sandi, OTP, dan PIN diketahui orang-orang yang tidak berwenang atas kesalahan Pengguna.
1.4. Pengguna memiliki tanggung jawab untuk mematuhi semua peraturan perundang-undangan terkait dengan akuntansi, perpajakan, dan lainnya yang berlaku, dalam konteks penggunaan Platform. Pengguna juga bertanggung jawab atas legalitas semua data yang Pengguna unggah ke dalam Platform.
1.5. Pengguna setuju untuk memberikan ganti rugi kepada dan membebaskan raPin dan afiliasinya, pejabat, agen, karyawan dan mitranya dari segala tuntutan atau klaim, termasuk biaya hukum yang wajar, dari pihak ketiga manapun yang timbul dari dan/atau sehubungan dengan penggunaan Platform oleh Pengguna yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan, atau pemberian data dan informasi yang tidak akurat dan/atau tidak lengkap kepada raPin sehubungan dengan penggunaan Platform oleh Pengguna.
2. Untuk dapat menggunakan Platform, Pengguna wajib untuk membayarkan tagihan secara lunas sebelum jatuh tempo, kecuali untuk Pengguna yang memilih paket GRATIS. Tagihan akan dihitung berdasarkan Paket yang dipilih, beserta dengan Fitur Tambahan yang dipilih.

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB DAN GANTI RUGI
1. raPin berkewajiban untuk berusaha semaksimal mungkin untuk mengoperasikan dan mengelola Platform agar dapat digunakan dengan baik dan lancar. Berkaitan dengan ini, raPin berkewajiban untuk dapat memberikan edukasi, bantuan teknis dan/atau operasional kepada Pengguna dalam hal terjadi gangguan yang masih termasuk dalam batas kewajaran sesuai dengan standar pelayanan raPin.
2. Batasan Tanggung Jawab
2.1. Akses dan penggunaan atas Platform sepenuhnya adalah pilihan dan risiko Pengguna sendiri dan raPin terbebas dari tanggung jawab atas segala kerusakan, biaya, ganti rugi, denda, hukuman atau kewajiban apapun, baik secara langsung, tidak langsung, insidental, konsekuensial, khusus, ganti rugi secara uang maupun kerusakan, yang timbul dari atau terkait dengan penggunaan Pengguna terhadap Platform atau konten apapun di dalamnya.
2.2. raPin menyediakan Platform sebagaimana adanya dan raPin tidak menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Platform dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Pengguna.
Pengguna bertanggung jawab untuk memverifikasi informasi dan/atau laporan yang dihasilkan oleh Platform sebelum menjadikan informasi dan/atau laporan tersebut sebagai dasar pengambilan keputusan. raPin tidak bertanggung jawab atas semua kerugian atau potensi kerugian, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan kesempatan bisnis yang diakibatkan penggunaan Platform atau laporan-laporan yang dihasilkan Platform.
2.3. Platform dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang disebabkan penggunaan internet, komunikasi elektronik, pasokan listrik dan infrastruktur lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada gangguan pada server raPin, perangkat Pengguna tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. raPin tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
2.4. raPin berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola dan memelihara data-data Pengguna. Dalam hal terjadi kerusakan dan/atau kehilangan sebagian atau seluruh data-data Pengguna, raPin akan melakukan upaya pemulihan dari pencadangan data (back up) berkala yang tersedia.
Meskipun demikian, raPin tidak bertanggung jawab atas keamanan, keutuhan, dan integritas data-data Pelanggan dalam hal upaya pemulihan tersebut tidak berhasil, yang dikarenakan oleh faktor apapun.
2.5. Keamanan Data Pengguna adalah prioritas utama raPin, dan raPin akan selalu berusaha dengan segala upaya untuk menjaga keamanan Data Pengguna. Namun, dalam situasi yang berada di luar kendali raPin, raPin tidak menjamin bahwa tidak akan terdapat pengungkapan-pengungkapan Data yang tanpa sengaja ataupun peretasan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
2.6. raPin dapat mempekerjakan atau bekerja sama dengan pihak ketiga, baik badan hukum maupun perseorangan untuk memfasilitasi atau memberikan bantuan pengembangan Platform dan layanan-layanan tertentu untuk dan/atau atas nama raPin. raPin tidak memiliki kendali atas kerusakan atau kerugian Pengguna yang terjadi karena kelalaian pihak ketiga tersebut. raPin tidak dapat bertanggung jawab atau berkewajiban atas kerusakan atau kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan jasa pihak ketiga tersebut.
2.7. raPin tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Pengguna atas Platform. Namun dari waktu ke waktu raPin dapat melakukan pengawasan untuk memastikan kelancaran penggunaan Platform dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Syarat dan Ketentuan, peraturan perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
2.8. Pengguna setuju untuk melepaskan raPin dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk klaim sehubungan dengan akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga.
2.9. raPin tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, konsekuensial, insidental atau hilangnya data, peluang pendapatan, keuntungan, gangguan usaha atau biaya asuransi yang mungkin diderita oleh Pengguna atas penggunaan Platform.
2.10. Pengguna dapat menghentikan akses ke Platform kapanpun jika Pengguna merasa tidak puas terhadap Platform.
3. Ganti Rugi
3.1. Jika Pengguna mengalami kerugian atau kerusakan apapun karena kelalaian atau kegagalan raPin, klaim apapun dari Pengguna kepada raPin yang timbul dari kegagalan atau kelalaian tersebut akan dibataskan mengenai satu kejadian, atau serangkaian kejadian yang terhubung, kepada Biaya Berlangganan raPin yang sudah Pengguna lunaskan dalam batas maksimal 3 (tiga) bulan terakhir.
3.2. Pengguna membebaskan raPin dari semua: tuntutan, gugatan, biaya kerugian, kerusakan, dan kehilangan yang timbul sebagai hasil dari pelanggaran Pengguna kepada Syarat dan Ketentuan, dengan tidak menghilangkan kewajiban apapun yang mungkin Pengguna punya kepada raPin, termasuk namun tidak terbatas kepada biaya apapun yang berkaitan kepada Biaya Berlangganan yang sudah jatuh tempo tetapi belum Pengguna bayar.

KERAHASIAAN DAN PRIVASI
1. raPin memiliki dan mempertahankan kebijakan privasi yang menjelaskan dan menetapkan kewajiban Para Pihak untuk menghormati Informasi Rahasia. Pengguna disarankan membaca dengan seksama dan memahami Kebijakan Privasi kami, dan Pengguna akan dianggap sudah menyetujui kebijakan itu saat Pengguna menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
2. Kecuali sebagaimana diatur lain dalam Kebijakan Privasi, segala bentuk Informasi Rahasia milik Pengguna akan dijaga oleh raPin, dimana segala bentuk informasi tentang kepemilikan Akun, kegunaan Akun, isi database dan segala hal-hal pribadi milik Pengguna akan dijaga dengan prinsip kehati-hatian dan kerahasiaan. Informasi Rahasia tersebut tidak akan dibagikan kepada para pihak ketiga, kecuali untuk kepentingan Pengguna, melindungi hak atau keselamatan raPin, atau atas perintah pengadilan atau badan pemerintah yang memiliki otoritas, atau kondisi-kondisi yang dijabarkan pada Kebijakan Privasi.
3. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran dan kepemilikan data, informasi dan konten yang diserahkan oleh Pengguna kepada raPin dan Pengguna dengan ini bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan kepemilikan data, informasi dan konten tersebut, dan membebaskan raPin dari segala klaim, gugatan dan/atau tuntutan hukum dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun.
4. Dalam hal Pengguna memberikan data dan informasi yang mengandung dan/atau berkaitan dengan data dan informasi milik pihak lain dalam penggunaan Platform, Pengguna bertanggung jawab untuk dan menyatakan serta menjamin bahwa Pengguna telah mendapatkan izin untuk memberikan data dan informasi pihak lain tersebut kepada raPin. Anda dengan ini membebaskan raPin dari segala klaim, tuntutan dan/atau kerugian yang timbul dari dan/atau sehubungan dengan pemberian data dan informasi pihak lain tersebut oleh Pengguna.
5. Ketika Pegguna mengunggah suatu konten ke dalam Platform, Pengguna dengan ini memberikan raPin suatu hak non-eksklusif di seluruh dunia yang berlaku secara terus menerus, bebas royalti , tidak dapat dibatalkan, dan dapat disublisensikan untuk keperluan pelaksanaan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan Hak Kekayaan Intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang ada sekarang atau di masa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Pengguna mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut kepada raPin.
6. Pengguna memahami dan setuju bahwa ketika Pengguna melakukan pendaftaran, mengakses dan/atau menggunakan Platform, data dan informasi pribadi Pelanggan yang diberikan kepada raPin, dapat termasuk namun tidak terbatas pada, Informasi Pribadi Pengguna yang dimasukkan secara langsung oleh Pengguna pada Platform, dapat dibagikan kepada Mitra Pihak Ketiga untuk mendukung layanan Platform kepada Pengguna. Pengguna memahami bahwa pengiriman data ini diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman Pengguna dalam menggunakan Platform dan dengan ini Pelanggan menyetujui pembagian data tersebut.
7. Pengguna dengan ini memberikan izin yang bebas royalti, tidak dapat dicabut kembali, tanpa batas waktu, dapat disublisensikan dan berlaku di seluruh dunia untuk menggunakan (termasuk untuk tujuan komersial) informasi dan/atau data yang dikumpulkan oleh raPin melalui penggunaan Pengguna atas Platform, dengan ketentuan bahwa raPin akan menggabungkan (dengan data dari pengguna lainnya) atau menjadikan informasi atau data tersebut menjadi anonim sebelum menggunakannya.
8. raPin atau pihak lain yang bekerja sama dengan raPin dapat memberikan penawaran atau promosi (“Penawaran”) yang dapat ditukar dengan barang, layanan atau manfaat lain terkait dengan penggunaan Platform. Dalam hal Penawaran disediakan oleh pihak lain yang bekerja sama dengan raPin (“Penyedia Penawaran”), raPin tidak bertanggung jawab atas bagian apapun dari isi Penawaran tersebut. Akses atau penggunaan Pengguna terhadap Penawaran merupakan bentuk persetujuan Pengguna untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh raPin atau Penyedia Penawaran.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
1. Pengguna menyatakan dan menyetujui bahwa raPin sebagai pemegang semua Hak Kekayaan Intelektual atas Platform, Situs, alat teknologi dan konten/dokumentasi apapun yang berkaitan dengan Platform dan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis akan tetap menjadi milik eksklusif raPin. Pengguna mengakui dan setuju untuk menghormati kepemilikan tersebut.
2. Segala bentuk pembayaran kepada raPin bukan merupakan bukti peralihan Hak Kekayaan Intelektual yang ada pada Platform, Pengguna mengakui bahwa Pengguna tidak memperoleh hak kepemilikan maupun Hak Kekayaan Intelektual pada setiap konten, data, dan informasi yang terkait dengan Platform.
3. Setiap orang dilarang untuk menggunakan konten di luar ketentuan yang diperbolehkan secara tegas oleh Syarat dan Ketentuan serta peraturan perundang-undangan, termasuk menggandakan, mendistribusikan, mengubah, menyiarkan, menggunakan kembali, memindahkan ataupun membuat karya derivatif konten pada Platform dan dokumentasi apapun yang terkait dengan Platform tanpa izin tertulis dari raPin.
4. raPin dapat menggunakan nama, logo, lambang, simbol, merek dagang milik Pengguna untuk tujuan promosi atau publikasi terkait penggunaan Platform, tanpa adanya pengalihan Hak Kekayaan Intelektual dari Pengguna kepada raPin.

PENGECUALIAN (DISCLAIMER)
1. Ketiadaan jaminan
Platform disediakan dengan basis “apa adanya” (as is) dan “sebagaimana tersedia” (as available), dan penggunaan Pengguna atasnya adalah risiko dari Pengguna sendiri. Konten yang diberikan melalui Platform dapat mencakup ketidaktepatan teknis atau kesalahan penyajian. raPin dapat melakukan perubahan atau perbaikan terhadap Platform di setiap waktu. Konten atau informasi yang tersedia di Platform diberikan sesuai keadaan dan sebagaimana tersedia, tanpa jaminan apapun baik tersurat maupun tersirat, termasuk namun tidak terbatas pada:
a) Platform akan memenuhi kebutuhan spesifik dari Pengguna;
b) Platfotm akan selalu tepat waktu, bebas dari gangguan, kesalahan, interupsi, pencurian atau kehancuran;
c) Platform sepenuhnya aman dan bebas dari bugs, virus, trojans dan komponen perangkat lunak berbahaya lainnya. Pengguna memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem komputer dan perangkat Pengguna memiliki anti-virus yang dapat diandalkan dan secara rutin diperbaharui, dan bahwa Pengguna melakukan penyimpanan cadangan (back up) secara rutin atas sistem komputer dan perangkat Pengguna.
d) bugs, kecacatan, atau kesalahan pada Platform, jika ada, akan diperbaiki;
e) Platform akan selalu akurat dan dapat diandalkan;
f) Platform tersedia secara terus-menerus atau setidaknya tersedia;
g) Platform selalu berhasil dijalankan dalam keadaan apapun;
h) kemampuan pribadi Pengguna untuk menggunakan Platform;
i) kepuasan Pengguna atas penggunaan Platform;
j) keakuratan data yang disediakan oleh Platform;
k) keamanan dan privasi data Pengguna;
l) bahwa Platform akan kompatibel dengan setiap perangkat, sistem operasi atau jaringan;
m) bahwa Platform dapat diakses di setiap lokasi;
2. raPin dapat menghentikan penyediaan Platform (atau sebagian dari Platform) secara tetap atau sementara untuk Pengguna. raPin dapat mengubah sifat dari Platform dan/atau Syarat dan Ketentuan ini menurut pertimbangan kebijakan raPin.
3. raPin dapat menghapus data-data milik Pengguna apabila Pengguna tidak melakukan pembayaran atas Biaya Berlangganan selama 3 (tiga) bulan berturut-turut.
4. Pengguna mengakui dan setuju bahwa raPin dapat menggunakan pemasok dari pihak ketiga untuk menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, jaringan (networking), konektivitas (jaringan), penyimpanan (storage), dan teknologi lainnya untuk mendukung Platform. Segala tindakan dan perbuatan dari pemasok tersebut mungkin dapat di luar kendali raPin, dan raPin tidak akan menerima tanggung jawab apapun atas adanya kerugian atau kerusakan yang diderita oleh Pengguna akibat dari tindakan atau perbuatan pemasok tersebut. Untuk dan atas nama dirinya sendiri dan pemasok dari pihak ketiga tersebut, raPin mengecualikan segala jaminan yang mungkin tersirat atau sebaliknya berlaku berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku lainnya, sejauh mana diperbolehkan oleh hukum yang berlaku.
5. raPin dapat mencantumkan tautan ke situs web atau sumber lain yang dimiliki atau dioperasikan oleh pihak ketiga. raPin tidak memiliki kendali atas situs web pihak ketiga atau sumber lain tersebut, dan raPin tidak bertanggung jawab atas segala konten maupun kehilangan, kerusakan atauun kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan Pengguna atas situs web atau sumber lain tersebut. Pengguna bertanggung jawab untuk memeriksa kebijakan privasi dan syarat dan ketentuan situs dan aplikasi tersebut sebelum melakukan akses atau memberikan informasi pribadi apapun.
6. raPin menyediakan layanan yang dapat membantu kepentingan bisnis Pengguna. raPin bukan merupakan kantor akuntan publik dan bukan akuntan Pengguna, dan penggunaan Platform bukan merupakan pemberian jasa konsultasi akuntansi. Jika Pengguna memiliki pertanyaan akuntansi, harap hubungi akuntan yang kompeten.

KEADAAN MEMAKSA (FORCE MAJEURE)
1. Yang dimaksud dengan keadaan memaksa (Force Majeure) adalah suatu keadaan yang terjadi diluar kemampuan, kesalahan, kehendak maupun kekuasaan dari raPin yang menyebabkan raPin tidak dapat melaksanakan atau terpaksa menunda pelaksanaan dari kewajibannya. Force Majeure tersebut termasuk namun tidak terbatas pada sengketa perburuhan yang sedang atau berpotensi terjadi, keputusan pemerintah, perang atau ancaman perang, sabotase, embargo, mogok kerja masal, perubahan drastis politik/ekonomi, kerusuhan sipil, bencana alam/non alam, banjir, wabah penyakit, perang, huru-hara, ledakan, kerusuhan sipil, demonstrasi, kebakaran, kebijaksanaan Pemerintah, epidemi, pandemi, ketidakmampuan untuk mendapatkan otorisasi, kecelakaan, dan kerusakan pada aliran listrik atau jaringan telekomunikasi yang berpengaruh terhadap pemenuhan kewajiban raPin.
2. Dalam hal terjadinya Force Majeure, Pengguna setuju untuk membebaskan raPin dari setiap tuntutan dan tanggung jawab.

PERNYATAAN DAN JAMINAN
1. Pengguna adalah (i) orang perorangan yang berwenang untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan tidak sedang dalam pengampuan; atau (ii) badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
2. Pengguna sepakat bahwa Platform disediakan oleh raPin merupakan sebuah piranti lunak yang tidak lepas dari bentuk bug atau kesalahan sistem. raPin tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang dialami Pengguna yang disebabkan oleh penggunaan Platform ataupun data dan informasi yang dihasilkan. Pengguna bertanggung jawab untuk memeriksa kembali data dan informasi yang dihasilkan sebelum dijadikan dasar pengambilan keputusan;
3. Pengguna menjamin bahwa, jika Pengguna mendaftar dan/atau mengakses Platform atau menggunakan Platform atas nama orang lain, Pengguna memiliki wewenang untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan ini atas nama orang tersebut. Pengguna menyetujui bahwa dengan mendaftar untuk memakai Platform, Pengguna mengikat orang yang Pengguna atas namakan untuk, atau dengan niat untuk, membuat tindakan atas nama mereka kepada setiap kewajiban manapun yang Pengguna telah setujui pada Syarat dan Ketentuan ini, tanpa membatasi kewajiban Pengguna sendiri kepada ketentuannya. Pengguna juga menyatakan memiliki wewenang untuk mengikat orang yang Pengguna atas namakan, sebagaimana disebutkan sebelumnya.
4. Jika Pengguna memberi wewenang kepada orang lain untuk mendaftar dan/atau mengakses Platform atas nama Pengguna, Pengguna mengakui bahwa semua aktifitas yang dilakukan orang tersebut pada Platform pada hakikatnya dilakukan oleh Pengguna sendiri, dan Pengguna bertanggung jawab penuh atas penggunaan Platform tersebut.
5. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa seluruh data, informasi pribadi dan/atau konten yang dimasukkan ke dalam Platform adalah data, informasi pribadi dan/atau konten yang sepenuhnya dimiliki oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi pelanggan yang dimasukkan oleh Penguna ke dalam Platform. Pengguna menjamin kepada raPin bahwa Pengguna telah mendapatkan persetujuan dari Pelanggan ataupun pemilik data atau informasi untuk bisa menggunakan dan/atau mengolah informasi pribadi pelanggan, termasuk untuk keperluan penggunaan layanan Platform.
6. Apabila Pengguna mengalami gangguan sistem, mengetahui atau menduga bahwa Akun Pengguna diretas, digunakan atau disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak terotorisasi, atau apabila perangkat Pengguna hilang, dicuri, diretas atau terkena virus, segera laporkan kepada raPin sehingga raPin dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penggunaan, penyalahgunaan, atau kerugian yang timbul atau mungkin timbul lebih lanjut.
7. Pengguna menghormati integritas sistem raPin, dan tidak mencoba melakukan upaya-upaya yang dapat merusak, melemahkan, menyerang atau menyelidiki (probe) integritas sistem raPin dengan cara-cara termasuk namun tidak terbatas pada membongkar, membuat turunan dari, melakukan reverse engineer, mendekompilasi, mengakses Platform atau server dengan cara selain daripada melalui Aplikasi. Apabila raPin menemukan indikasi dan bukti-bukti Pengguna mencoba untuk melakukan hal-hal tersebut, raPin dapat menindaklanjuti temuan-temuan tersebut kepada tuntutan hukum, dan Pengguna bersedia untuk bertanggung jawab atas usahanya secara hukum.
8. Apabila Pengguna mengalami kendala atau masalah terkait Platform maka Pengguna dapat menyampaikan keluhan, saran, ataupun masukan pengembangan Pengguna melalui email [email protected].

PENYELESAIAN PERSELISIHAN
1. Perjanjian dan setiap hubungan non-kontraktual yang timbul karenanya diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.
2. Bilamana timbul Perselisihan di antara Para Pihak, Pengguna sepakat untuk mengutamakan penyelesaian dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.
3. Pengguna sepakat untuk tidak membuat tulisan mengenai Perselisihan, jika ada, pada media manapun, baik online maupun cetak, yang termasuk namun tidak terbatas pada akun sosial media Pengguna atau pihak-pihak manapun yang mengetahui ihwal Perselisihan tersebut dari Pengguna.
4. Setiap Perselisihan yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam waktu 30 (tiga puluh) hari akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia.

PEMBEKUAN DAN PENGAKHIRAN PENGGUNAAN
1. raPin dapat membekukan Akun Pengguna dikarenakan hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagai berikut:
1.1. Melakukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan dan/atau Kebijakan Privasi;
1.2. Pengguna melaporkan bahwa Akun Pengguna digunakan atau diduga digunakan atau disalahgunakan oleh pihak ketiga;
1.3. Pengguna melaporkan bahwa telepon genggam atau tablet pribadi Pengguna hilang, dicuri atau diretas;
1.4. raPin mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Akun telah dialihkan atau digunakan oleh pihak lain tanpa persetujuan terlebih dahulu dari raPin;
1.5. raPin mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa telah terjadi hal-hal yang menurut pandangan raPin telah atau dapat merugikan raPin, afiliasi atau pihak lainnya;
1.6. Sistem raPin mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari penggunaan Akun atau adanya kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan yang tidak dipenuhi oleh Pengguna;
1.7. Pengguna tidak melakukan pembayaran atas Biaya Berlangganan dan/atau biaya lainnya yang wajib dibayar untuk periode yang berlaku.
2. raPin dapat mengakhiri akses Pengguna kepada Platform dikarenakan hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagai berikut::
2.1. Pengguna secara sukarela mengakhiri penggunaan. Pengguna dapat menghubungi raPin melalui email [email protected] 15 (lima belas) hari kerja sebelum periode berlangganan berikutnya dimulai. Segera setelah masa berlangganan Pengguna selesai, Pengguna wajib menghapus Aplikasi raPin dari semua perangkat Pengguna;
2.2. Pengguna secara sadar atau tidak sadar menyebabkan pelanggaran langsung atau tidak langsung, sebagaimana dipastikan oleh raPin, terhadap Syarat dan Ketentuan secara keseluruhan atau sebagian;
2.3. Pengguna tidak membayarkan Biaya Berlangganan dan/atau biaya lainnya yang wajib dibayar selama maksimal 3 (tiga) bulan berturut-turut, dalam hal raPin memberlakukan bayaran untuk penggunaan Pengguna. Dalam hal demikian, raPin dapat menghapus data-data milik Pengguna dari server raPin, yang mana data-data tersebut tidak dapat dipulihkan kembali.
2.4. Pengguna Paket GRATIS yang tidak mengakses Akunnya dalam waktu 3 (tiga) bulan. raPin dapat menghapus data-data milik Pengguna dari server raPin, yang mana data-data tersebut tidak dapat dipulihkan kembali; dan membebaskan nama login Pengguna tersebut untuk dipakai oleh Pengguna lain.
2.5. raPin diwajibkan untuk melakukannya menurut peraturan perundang-undangan, keputusan pengadilan atau badan pemerintah yang berwenang;
2.6. Penyediaan Platform kepada Pengguna tidak lagi menguntungkan atau tidak layak secara komersial bagi raPin;
2.7. Pengguna dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini disetiap waktu dengan mengakhiri akses Pengguna ke Platform. Namun, kewajiban-kewajiban Pengguna menurut Syarat dan Ketentuan ini akan terus berlaku bahkan setelah pengakhiran tersebut.
3. Pengguna tidak dapat mengakses Platform apabila Akun Pengguna dibekukan, namun data-data Pengguna masih tetap tersimpan pada server raPin sepanjang akses Pengguna atas Platform belum diakhiri. Pembekuan dan penghilangan sementara akses Pengguna ke Platform tidak mengurangi Biaya Berlangganan Paket Berlangganan dan/atau Fitur Tambahan yang berjalan.
4. Dalam hal pengakhiran penggunaan, raPin tidak menyediakan pengembalian uang untuk periode prabayar yang tersisa yang telah dibayarkan oleh Pengguna, ataupun atas segala bentuk deposit non-tunai Pengguna.
5. Jika Akun dibekukan dan Pengguna memiliki bukti yang jelas bahwa Akun seharusnya tidak dibekukan, Pengguna dapat melaporkan kepada raPin untuk menyampaikan bukti-bukti tersebut.

LAIN-LAIN
1. Jika ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan hukum dari yurisdiksi manapun, secara seluruh ataupun sebagian, bahwa ketentuan atau sebagian daripadanya, sejauh hal tersebut tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, akan dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini; namun demikian legalitas, validitas atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruh.
2. Bila Pengguna tidak mematuhi atau melanggar ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan raPin tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan berarti raPin mengesampingkan hak raPin untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.
3. Pengguna tidak dapat mengalihkan atau mentransfer hak dan kewajiban kepada orang lain tanpa persetujuan tertulis dari raPin.
4. Pengguna dapat menghubungi raPin melalui [email protected] untuk bantuan dan klarifikasi lebih lanjut.

Versi 2
Tanggal diberlakukan: 1 Oktober 2022



KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan privasi berikut ini (berikut dengan seluruh lampiran, perubahan dan/atau penambahan serta pembaharuannya dan untuk seterusnya disebut “Kebijakan Privasi”) akan menjelaskan bagaimana PT Mitra Pintar Teknologi (“raPin”) mengumpulkan, mengolah, menggunakan, berbagi atau mengungkapkan, dan menyimpan data dan informasi (“Data”) pengguna dan pelanggan (“Pengguna”) .

DEFINISI
1. Akun adalah media pengorganisasian data Pengguna yang diterapkan oleh raPin. Setiap Akun dialokasikan kepada satu Pengguna, dan hanya dapat diakses dengan memberikan Sandi yang sebelumnya telah ditentukan Pengguna tersebut. Pengguna akan mengakses layanan Platform melalui Akun Pengguna.
2. Situs adalah situs raPin di domain www.rapin.co.id atau rapin.co.id.
3. Aplikasi adalah aplikasi ERP raPin yang tersedia untuk diunduh dari Google Play Store atau Apple App Store, atau media lainnya sebagaimana yang tercantum pada Situs.
4. Platform adalah fasilitas, produk, layanan, dan/atau teknologi yang disediakan raPin untuk Pengguna.
5. Sandi adalah rangkaian karakter-karakter yang bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh Pengguna. Pengguna perlu memasukkan Sandi yang tepat untuk dapat mengakses Platform atau bagian tertentu dari Platform.

PERNYATAAN PRIVASI
raPin menghargai privasi Pengguna dan memiliki komitmen tinggi untuk melindungi semua Data yang Pengguna berikan, serta memastikan kerahasiaan dan keamanan Data Pengguna.
Pengguna wajib membaca Kebijakan Privasi ini sebelum mendaftarkan diri dan mengakses Platform. Dengan mengakses Platform dan Situs raPin, Pengguna menyatakan telah membaca, memahami, setuju dan terikat dengan ketentuan-ketentuan pada Kebijakan ini. Pengakuan dan persetujuan Pengguna terhadap Kebijakan Privasi ini juga berkaitan dengan ketentuan-ketentuan yang tercantum berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan yang dianggap sebagai satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan.

PENGUMPULAN DATA
Ketika Pengguna mengakses atau menggunakan Platform atau Situs, Pengguna secara langsung maupun tidak langsung memberikan Data kepada raPin, yang akan raPin lindungi dan atur penggunaannya sesuai Kebijakan Privasi ini. Data dapat Pengguna berikan secara langsung maupun terkumpul secara otomatis pada saat Pengguna mengakses Platform.

Tujuan dasar pengumpulan Data Pengguna adalah agar sistem raPin menjalankanfungsi operasional dan/atau pengembangan ekosistem yang lebih optimal.

Pada saat Pengguna mendaftar pada Platform, Pengguna akan memberikan Data pribadi, seperti nama usaha, nomor telepon atau WhatsApp, alamat email, sandi dan keterangan lainnya. raPin mengumpulkan Data tersebut sebagai bagian dari komitmen raPin untuk mengenal Pengguna, dan sarana berkomunikasi dengan Pengguna.

Ketika Pengguna mengakses Aplikasi, sistem raPin dapat memproses dan mengumpulkan Data teknis seperti alamat protokol internet (internet protocol address), identitas perangkat dan informasi mengenai pabrikan, serta sistem operasi perangkat, mobile advertising ID, dan lokasi (geo location) Pengguna. Ketika Pengguna mengakses Situs, sistem raPin dapat memproses dan mengumpulkan Data teknis seperti alamat protokol internet (internet protocol address), halaman web yang pernah Pengguna kunjungi, browser internet yang Pengguna gunakan, halaman web yang sebelumnya/selanjutnya Pengguna kunjungi dan durasi setiap kunjungan/sesi, cookies, penyimpanan lokal, seperti penyimpanan web browser atau cache data aplikasi, database, dan log server. Data teknis yang dikumpulkan bergantung pada pengaturan perangkat Pengguna. Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan akses terhadap Data tersebut melalui sistem operasi (operating system) perangkat. Pengumpulan Data pada Aplikasi maupun Situs ini adalah untuk memfasilitasi, memvalidasi dan melindungi integritas sistem raPin. Sebagai contoh, apabila terdapat Data alamat internet protokol dan lokasi yang tidak sinkron atau di luar kebiasaan, hal ini dapat mengindikasikan akses ilegal ke Akun Pengguna oleh pihak lain. Indikasi ini kemudian dapat memicu mekanisme pertahanan sistem raPin untuk menindaklanjuti indikasi penyimpangan tersebut.

raPin juga akan mengumpulkan Data pada saat Pengguna memasukkan Data dalam bentuk apapun ke dalam Platform, pada saat menghubungi tim customer service raPin, dan pada saat mengakses Aplikasi atau Situs, termasuk namun tidak terbatas pada kesan, pesan, kritik, dan saran dari Pengguna, pembicaraan melalui chat atau interaksi lainnya di Aplikasi atau Situs. Data yang Pengguna masukkan adalah Data Pengguna sendiri yang Pengguna anggap benar, dan Pengguna bertanggung jawab penuh atas segala Data yang Pengguna masukkan ke dalam Platform.

raPin juga mengumpulkan data interaksi Pengguna di dalam Platform, seperti laman yang dikunjungi dan jumlah/frekuensi Data yang dimasukkan ke dalam Platform melalui Akun Pengguna.

DATA PIHAK KETIGA
raPin juga dapat mengumpulkan Data Pengguna dari pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada raPin). Dalam hal tersebut, raPin hanya akan mengumpulkan data Pengguna untuk atau sehubungan dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kerja sama raPin dengan pihak ketiga tersebut (tergantung pada situasinya).
Di lain pihak, Pengguna dalam kondisi tertentu juga dapat memberikan kepada raPin Data yang berkaitan dengan individu pihak ketiga lainnya. Dalam hal ini, Pengguna wajib mendapatkan persetujuan dari pihak ketiga tersebut sebelumnya.

PENGGUNAAN DATA
Data yang dikumpulkan dapat digunakan termasuk namun tidak terbatas untuk:
• mengenal Pengguna dengan lebih baik;
• memverifikasi kepemilikan Pengguna atas perangkat, no telepon/WhatsApp, email ataupun media/sarana yang lain;
• berkomunikasi dengan Pengguna dengan efektif, termasuk namun tidak terbatas pada pemulihan Sandi Akun, informasi status layanan, pengiriman tagihan, pengingat jatuh tempo tagihan, survei, informasi produk atau fitur baru, informasi promosi, ataupun infomasi produk mitra-mitra raPin;
• pengolahan data untuk menghasilkan keluaran yang diperlukan untuk modul yang lain, atau penyusunan laporan-laporan;
• mengukur performa and efektifitas Platform dalam melayani kebutuhan Pengguna;
• sebagai masukan bagi raPin atas penggunaan fitur-fitur yang tersedia di dalam Platform;
• dasar pengembangan fitur-fitur baru;
• penentuan kredit (credit scoring), apabila relevan;
• mempersonalisasi layanan untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) menjadi lebih baik;
• mencegah pelanggaran ataupun penyalahgunaan Akun Pengguna;
• mempercepat dan meningkatkan tanggapan raPin atas kendala-kendala yang mungkin Pengguna alami;
• mengkombinasikan Data Pengguna dengan Data pengguna lain, sehingga Pengguna maupun pengguna lain tidak dapat diidentifikasi secara individual, untuk meningkatkan pelayanan, mengubah fitur-fitur yang ada, merancang fitur-fitur baru, merancang promosi atau memberikan cara bagi Pengguna untuk membandingkan statistik bisnis dengan pengguna lainnya;
• mencegah atau mengatasi aktivitas yang tidak wajar yang dapat membebani atau melemahkan server raPin, seperti penggunaan bots atau upaya-upaya lain yang dapat mengancam integritas sistem raPin.
• memungkinkan raPin mematuhi semua kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan, termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi permintaan, penyelidikan, pelaporan, dan perizinan yang disyaratkan oleh peraturan yang berlaku.

PEMBAGIAN DATA KE PIHAK KETIGA
Pengguna memahami dan menyetujui bahwa raPin mungkin memberikan dan/atau mengungkapkan Data Pengguna dengan cara-cara yang terbatas dalam hal:

• Guna memungkinkan raPin menggunakan Data seperti yang diungkapkan pada Bagian Penggunaan Data di atas, raPin mungkin memberikan dan/atau mengungkapkan Data kepada anak perusahaan, afiliasi, perusahaan terkait, pemegang lisensi, mitra usaha, penyedia layanan raPin, penasihat profesional dan auditor eksternal raPin, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan dan konsultan-konsultan, serta pihak ketiga lainnya, yang mungkin terletak di dalam atau di luar Indonesia.
Para pihak ketiga ini hanya akan memiliki akses atas Data dengan basis need-to-know, yaitu Data yang memiliki relevansi langsung dengan peran/fungsi profesional yang diemban mereka pada saat itu.
• raPin mungkin menyediakan fitur yang menghubungkan Pengguna dengan pengguna lain, mitra usaha, penyedia layanan atau pihak ketiga lainnya, dan dengan demikian raPin dapat mengungkapkan beberapa Data secara terbatas kepada pihak-pihak tersebut hanya untuk keperluan pelaksanaan fitur yang dimaksud.
• Apabila terjadi suatu transaksi perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada, penjualan anak perusahaan atau divisi, peleburan, konsolidasi, pembiayaan, penjualan aset atau situasi lain apapun yang melibatkan pemindahan sebagian atau seluruh aset bisnis raPin, raPin mungkin mengungkapkan Data kepada pihak-pihak yang terlibat di dalam perundingan atau pemindahan tersebut.
• raPin mungkin mengungkapkan Data Pengguna untuk mematuhi perintah pengadilan atau keputusan badan pemerintah yang sah atau peraturan yang berlaku.
• Sejauh yang diperbolehkan hukum yang berlaku, raPin juga dapat mengungkapkan Data atas permintaan dari lembaga penegak hukum atau badan pemerintah lainnya, atau apabila raPin merasa bahwa pengungkapan tersebut dapat mencegah terjadinya suatu tindakan kriminal, atau dapat membantu penyelidikan sehubungan dengan keselamatan orang banyak, untuk melindungi keamanan atau integritas Platform, menanggapi klaim-klaim bahwa terdapat posting atau konten lainnya yang melanggar hak-hak para pihak ketiga, atau untuk membuat raPin dapat mengambil tindakan pencegahan atas kemungkinan adanya kerugian.
• raPin mungkin juga memberikan informasi agregat atau anonim yang tidak secara langsung mengidentifikasikan Pengguna.

Selain untuk hal-hal tersebut di atas, raPin tidak akan menjual, menyewakan, atau menyebarkan Data Pengguna kepada pihak lain tanpa persetujuan dari Pengguna.

Dalam hal Pengguna memberikan izin apapun untuk mengungkapkan dan mengirimkan Data Pengguna kepada pihak ketiga, Pengguna membebaskan raPin atas segala kerugian atau kerusakan yang timbul dari kegagalan pihak ketiga untuk mengamankan data Pengguna. raPin tidak dapat menjamin keamanan data Pengguna pada sistem pihak ketiga dan raPin tidak memiliki kendali atau tanggung jawab atas kebijakan privasi atau konten dari aplikasi/situs pihak ketiga. Pengguna memiliki tanggung jawab untuk memeriksa kebijakan privasi dari setiap pihak ketiga, sehingga Pengguna dapat memahami bagaimana mereka akan menangani Data Pengguna.

PENGGUNAAN COOKIES
Cookies merupakan berkas teks yang ditempatkan di perangkat Pengguna untuk kepentingan pencatatan. raPin menggunakan cookies untuk membantu raPin memberikan Pengguna kemudahan dalam menggunakan Platform. Cookies tidak dapat digunakan untuk menjalankan program atau mengirim virus ke perangkat Pengguna. Cookies dapat disimpan dalam keadaan terenkripsi ataupun tidak terenkripsi pada perangkat Pengguna.
Cookies akan mencatat Data relevan yang Pengguna masukkan ke Situs atau Aplikasi. Sebagai contoh, jika Pengguna login ke Akun Pengguna, cookies akan membantu Situs atau Aplikasi untuk mengingat kondisi tersebut untuk kunjungan Pengguna berikutnya. Dan, ketika Pengguna kembali ke Platform, perangkat Pengguna akan langsung menggunakan Data dari cookies tanpa mengharuskan Pengguna melakukan login kembali.
Sebagai tambahan, pihak lainnya juga dapat menganalisa data untuk raPin, seperti Google Analytics. Mereka dapat mengumpulkan data Pengguna yang tidak dapat diidentifikasi sebagai pribadi tentang aktivitas daring Pengguna saat Pengguna mengakses Situs atau Aplikasi.

KEAMANAN DATA
Keamanan Data Pengguna adalah prioritas utama raPin, dan raPin akan selalu berusaha dengan segala upaya untuk menjaga keamanan Data Pengguna dengan menggunakan teknologi terbaru dan mematuhi peraturan yang berlaku untuk memenuhi harapan pihak terkait, dan untuk memastikan peningkatan kualitas yang berkelanjutan.
Dalam menjaga keamanan Data Pengguna, kami telah menggunakan metode-metode terbaik yang telah teruji untuk melindungi Data Pengguna, meninjau kembali prosedur keamanan kami secara hati-hati, mematuhi hukum dan standar keamanan yang berlaku, memastikan bahwa Data Pengguna tersimpan dengan aman.
Meskipun raPin mengerahkan segala upaya terbaik untuk menjaga keamanan Data di lingkungan operasional yang aman dan tertutup untuk publik, Pengguna sebaiknya memahami bahwa tidak ada yang dinamakan dengan keamanan mutlak, dan raPin tidak menjamin bahwa tidak akan terdapat pengungkapan-pengungkapan Data yang tanpa sengaja ataupun peretasan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Apabila raPin mengetahui bahwa Data Pengguna telah diungkapkan dengan cara yang tidak sesuai dengan Kebijakan Privasi ini, raPin akan melakukan upaya yang sewajarnya untuk memberitahukan Pengguna mengenai sifat dan batasan pengungkapan tersebut (sejauh raPin mengetahui informasi tersebut) sesegera mungkin dan sebagaimana diizinkan oleh hukum. Dalam hal terjadi peretasan yang berada di luar kendali raPin, Pengguna setuju untuk membebaskan raPin dari seluruh klaim, tanggung jawab hukum ataupun pengeluaran apapun yang muncul akibat peretasan tersebut.

PERUBAHAN
raPin akan secara berkala meninjau relevansi atas Kebijakan Privasi ini, dan memiliki hak penuh untuk mengubah Kebijakan Privasi kapan saja raPin anggap perlu. Perubahan atas Kebijakan Privasi akan mulai berlaku pada saat Kebijakan Privasi yang baru kami unggah ke Situs, atau raPin umumkan kepada Pengguna, yang mana yang terdahulu.
Pada setiap perubahan Kebijakan Privasi, raPin akan mencantumkan tanggal perubahan tersebut mulai diberlakukan. Dengan terus menggunakan Platform setelah tanggal pemberlakuan tersebut, Pengguna dianggap setuju terhadap perubahan atas Kebijakan Privasi tesebut.

LAIN-LAIN
Jika ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dinyatakan tidak berlaku, illegal atau tidak bisa dilaksanakan karena alasan apa pun oleh hukum atau kebijakan publik lainnya, ketidakberlakuan tersebut hanya akan terbatas pada ketentuan yang tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan, dan ketentuan lainnya dalam Kebijakan Privasi ini akan tetap berlaku penuh.

CARA UNTUK MENGHUBUNGI raPin
Apabila Pengguna memiliki pertanyaan, klarifikasi, ataupun keluhan, Pengguna dapat menghubungi raPin pada email [email protected].

Versi 2
Tanggal diberlakukan: 1 Oktober 2022

Scroll to Top