Mulai Cepat Bidang Usaha Perdagangan

Untuk memulai cepat penggunaan raPin untuk Usaha Perdagangan, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Pada tab Pengaturan, tekan Lihat Profil, dan pastikan bidang usaha Perdagangan telah dipilih.
  • Pada tab Aktivitas, pilih tampilan Pintasan.
  • Buat Profil Produk untuk barang atau jasa Anda. Pada tab Aktivitas, tekan tombol Profil di kanan atas, lalu pilih Produk. Tekan icon plus di kanan atas untuk menambah Produk baru.
  • Pada lembar Tambah Produk, masukkan nama produk. Anda dapat menambahkan Kode SKU dengan cara mengetik no SKU atau tekan icon QR untuk scan QR/barcode. Centang Dari Persediaan, lalu masukkan Satuan Persediaan (contoh: kg, L, cm, dll). Isi harga jual. Tekan Simpan setelah selesai. Anda dapat memasukkan Produk baru yang lain dengan mengulangi langkah ini. Tekan icon kembali di kiri atas untuk kembali ke halaman sebelumnya. Tekan lagi hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Buat Profil Kas/Bank/eWallet yang dipakai usaha Anda. Pada tab Aktivitas, tekan tombol Profil di kanan atas, lalu pilih Kas dan Bank/eWallet. Tekan icon plus di kanan atas untuk menambah Kas/Bank/eWallet baru.
  • Pada lembar Tambah Kas dan Bank/eWallet, pilih jenis Kas atau Bank/eWallet dari daftar dropdown. Masukkan nama Kas/Bank/eWallet. Anda dapat menambahkan nomor akun dan deskripsi. Tekan Simpan setelah selesai. Anda dapat memasukkan Kas/Bank/eWallet baru yang lain dengan mengulangi langkah ini. Tekan icon kembali di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Jika Anda tidak ingin mendaftarkan Pelanggan ke dalam basis data, silakan lewati langkah-langkah berikut dan lanjutkan ke langkah no 9. Untuk mendaftarkan data Pelanggan, pada tab Aktivitas, tekan tombol Profil di kanan atas, lalu pilih Pelanggan. Tekan icon plus di kanan atas untuk menambah Pelanggan baru.
  • Pada lembar Tambah Pelanggan, masukkan Nama pelanggan. Anda dapat menambahkan data-data lain sesuai kebutuhan Anda. Tekan Simpan setelah selesai. Anda dapat memasukkan Pelanggan yang lain dengan mengulangi langkah ini. Tekan icon di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Sampai tahap ini, pengisian profil sudah mencukupi. Sekarang Anda siap untuk memasukkan transaksi usaha Anda sehari-hari.
  • Untuk memulai usaha Anda, masukkan terlebih dahulu modal awal yang dapat digunakan untuk membeli persediaan produk. Tekan Tambah Modal, isi keterangan singkat pada baris Deskripsi. Pilih akun kas/bank/eWallet yang dituju dan isi jumlah modal yang ditambah.
  • Jika Anda tidak perlu mengumpulkan pesanan Pelanggan atau P.O. terlebih dahulu, silakan lewati langkah-langkah berikut dan lanjutkan ke no 16. Tekan tombol Terima Pesanan pada kotak Penjualan via Pesanan untuk mencatat pesanan baru.
  • Pada lembar Pesanan Baru, tekan baris dropdown Pelanggan dan pilih Pelanggan dari daftar atau tekan tombol pensil bila ingin memasukkan nama secara langsung. Masukkan item yang dipesan dengan menekan baris dropdown dan memilih dari daftar. Isi kuantitas item yang dipesan. Apabila ingin menambah item pesanan yang lain, tekan Tambah Baru. Bila Anda ingin menghapus item, tekan tombol minus merah. Anda juga dapat menambah item yang dipesan dengan menekan tombol Scan QR, dan arahkan kamera perangkat Anda ke QR/barcode produk. Tekan Simpan setelah selesai. Tekan icon kembali di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Untuk melihat daftar pesanan yang masuk berdasarkan urutan, tekan tombol Daftar Pesanan. Tekan item nya untuk melihat rincian pesanan. Untuk melihat rekap pesanan yang belum terpenuhi, pada lembar pesanan, tekan menu di kanan atas dan pilih Rekap. Tekan icon kembali di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Selanjutnya, Anda perlu mengisi persediaan Anda dengan produk untuk dijual. Tekan Beli Produk, isi keterangan singkat pada baris Deskripsi. Masukkan item yang ingin dibeli dengan menekan barus dropdown dan memilih dari daftar. Isi kuantitas item yang dibeli, dan total nilai perolehan keseluruhan kuantitas tersebut (bukan harga beli per unit). Apabila ingin menambah item yang lain, tekan Tambah Baru. Bila Anda ingin menghapus item, tekan tombol minus merah. Masukkan cara penyelesaian pembelian tersebut dengan memilih Bayar Sekarang lalu pilih Kas/Bank/eWallet yang digunakan atau Utang lalu pilih nama Pemasok. Tekan icon di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Setelah produk tersedia dan pesanan pelanggan dapat dipenuhi, Anda dapat melakukan penagihan dengan menekan Checkout Pesanan pada tab Aktivitas. Pada lembar Penjualan Baru, isi keterangan singkat pada baris Deskripsi. Tekan tombol Pilih, lalu pilih lembar pesanan yang ingin ditagihkan dan tekan Ok. Bila diperlukan, klik Diskon, Layanan, dan Pajak lalu isi besarannya. Setelah itu, isi cara penyelesaian penjualan ini: Pilih Terima Sekarang lalu pilih Kas/Bank/eWallet yang menerima pembayaran, atau pilih Piutang bila pembayaran akan dilakukan Pelanggan di kemudian hari. Tekan Simpan & Tutup Tagihan setelah selesai. Apabila terdapat pertanyaan otomatis tandai lembar pesanan selesai, jawab Ya. Tekan icon kembali di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Jika Anda hanya menggunakan sistem PO yang telah dibahas di atas, Anda dapat melewati langkah-langkah penjualan langsung dari counter berikut dan lanjutkan ke langkah no 19.
  • Jika Anda perlu mengisi persediaan produk Anda untuk dijual, tekan Beli Produk, isi keterangan singkat pada baris Deskripsi. Masukkan item yang ingin dibeli dengan menekan barus dropdown dan memilih dari daftar. Isi kuantitas item yang dibeli, dan total nilai perolehan keseluruhan kuantitas tersebut (bukan harga beli per unit). Apabila ingin menambah item yang lain, tekan Tambah Baru. Bila Anda ingin menghapus item, tekan tombol minus merah. Masukkan cara penyelesaian pembelian tersebut dengan memilih Bayar Sekarang lalu pilih Kas/Bank/eWallet yang digunakan atau Utang lalu pilih nama Pemasok. Tekan icon di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Tekan tombol Checkout Penjualan (atau Tampilan Lengkap) pada kotak Penjualan Langsung untuk mencatat penjualan baru. Pada lembar Penjualan Baru, tekan baris dropdown Pelanggan dan pilih Pelanggan dari daftar atau tekan tombol pensil bila ingin memasukkan nama secara langsung. Isi keterangan singkat pada baris Deskripsi. Masukkan item yang dipesan dengan menekan baris dropdown dan memilih dari daftar. Isi kuantitas item yang dipesan. Apabila ingin menambah item pesanan yang lain, tekan Tambah Baru. Bila Anda ingin menghapus item, tekan tombol minus merah. Anda juga dapat menambah item yang dipesan dengan menekan tombol Scan QR, dan arahkan kamera perangkat Anda ke QR/barcode produk. Bila diperlukan, klik Diskon, Layanan, dan Pajak lalu isi besarannya. Setelah itu, isi cara penyelesaian penjualan ini: Pilih Terima Sekarang lalu pilih Kas/Bank/eWallet yang menerima pembayaran, atau pilih Piutang bila pembayaran akan dilakukan Pelanggan di kemudian hari. Tekan Simpan & Tutup Tagihan setelah selesai. Tekan icon kembali di kiri atas hingga kembali ke tab Aktivitas.
  • Siklus penjualan Anda telah rampung. Bila Anda ingin melihat laporan, mengubah kebijakan, melakukan penyesuaian, atau fitur-fitur tambahan lainnya, silakan lanjutkan dengan mengikuti tutorial mengenai topik terkait.

Scroll to Top