Apa perbedaan raPin dengan aplikasi akuntansi?
raPin adalah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang mencakup fungsi Akuntansi. Lihat juga Apakah raPin adalah sistem POS?
Aplikasi akuntansi hanya mengelola pembuatan laporan akuntansi, dimana operator mengumpulkan data-data transaksi dari berbagai bagian operasional lalu diinput untuk menghasilkan laporan akuntansi. Operator harus memiliki kemampuan dan pengetahuan administrasi/akuntansi untuk dapat menjalankan fungsinya. Data-data operasional yang dikumpulkan pun berasal dari pencatatan di luar ruang lingkup aplikasi akuntansi, misalnya data yang berasal dari sistem POS atau sistem persediaan yang terpisah, atau bahkan hanya ditulis secara manual pada buku terpisah.
Sistem ERP raPin memberikan solusi administrasi usaha terintegrasi mulai dari Pesanan, POS, Persediaan, Produksi, Personalia, Biaya, Kas/Bank, Piutang/Utang, Analisa Bisnis, hingga Laporan Akuntansi. Data-data operasional dapat dimasukkan oleh staf-staf di bagian masing-masing langsung ke dalam sistem raPin, tanpa diperlukan kemampuan atau pengetahuan administrasi tertentu dikarenakan tampilan modul operasional raPin yang sangat bersahabat dan mudah dioperasikan. Laporan akuntansi kemudian dapat dibuat secara live dengan 1 klik untuk periode yang diinginkan (bahkan harian) berdasarkan data-data operasional yang telah tersimpan tadi, tanpa dibutuhkan operator yang memiliki kemampuan atau pengetahuan administrasi/akuntansi.
Sistem ERP raPin juga memungkinkan pemisahan ruang lingkup antar staf di bagian yang berbeda, masing-masing dengan otorisasi yang berbeda, untuk menciptakan internal kontrol yang efektif di dalam sistem usaha Pengguna.